Buah Nanas dan Komposisi Kimia Buah Nanas Segar

kompisisi kimia buah nanas segar


Nanas secara taksonomi termasuk dalam divisi spermatofita, subdivisi angiospermae kelas monokotiledonea, ordo fasinosae, family bromeliaceae, genus ananas, dan spesies ananas comosus L. Adapun kandungan terdapat pada buah nanas yaitu:

Komposisi Kimia Buah Nanas
Buah nanas sebagian besar terdiri dari air dimana didalamnya banyak mengandung gula dan vitamin serta garam mineral yang penting dalam makanan. Nanas juga memiliki aroma dan flavor yang khas dan cukup kuat hal ini menyebabkan nanas sering digunakan dalam industri sari buah. Aroma dan flavor nanas berasal dari komponen volatil dan nonvolatil. Komponen volatil yang terdapat pada nanas adalah senyawa-senyawa golongan ester dalam bentuk metil ester dan etil ester. Sedangkan senyawa nonvolatil yang berperan dalam pembentukan flavor nanas adalah asam-asam nonvolatile seperti asam sitrat, asam askorbat, asam malat, asam oksalat, dan komponen gula seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa.



Panen buah nanas pada umumnya dilakukan setelah tanaman berumur 6-8 bulan dari sejak tanam. Buah nanas harus di panen setelah tua benar atau matang pohon. Buah nanas yang akan digunakan untuk pengolahan terutama untuk sari buah, harus dalam keaadan matang optimal, tidak kurang dari 55% tetapi tidak lebih dari 65% bagian matanya jelas,warna kuning emas, aroma dan rasa yang sedap perbandingan antara gula dengan asam yang dapat diterima dan bebas dari cacat. Selain itu ukuran buah nanas yang akan diolah harus cukup besar diameter sebesar 5,25 inchi karena akan menguntungkan dari segi rendemen akhir.