Pasta



Pasta dikenalkan di italia oleh Marco Polo sekembalinya dari cina akhir abad 13, di eropa mi dikembangkan oleh marco polo menjadi aneka pasta, seperti spaghetti, lasagna, macaroni dan lain-lain. Mi merupakan salah satu bentuk pasta yang paling sederhana karena bentuknya yang berupa lembaran atau bulat pipih memanjang. Mi juga merupakan bentuk dasar dari pasta sebelum di kenal bentuk-bentuk pasta lain seperti spaghetti, penne, macaroni dan lain-lain. Mi pun merupakan salah satu jenis produk pasta yang di temukan pertama kali oleh bangsa tiongkok dengan membuatnya dari beras dan tepung kacang-kacangan.

Pasta adalah jenis bahan pangan yang erat kaitanya dengan hidangan italia yang di negara asalnya italia dikenal sebagai pasta alimentaria, yang berarti adonan bahan makanan. Nama pasta juga di berikan untuk adonan dari gandum durum yang dalam bahasa latin artinya keras. Pasta merupakan campuran dari terigu (tepung semolina yang berbahan dasar durum wheat), air, telur dan garam. Adonan ini di bentuk menjadi berbagai bentuk yang dari bentuknya itulah pasta di kategorikan dengan nama yang berbeda-beda.

Pasta di jadikan berbagai hidangan setelah di masak dengan cara di rebus sampai matang secara keseluruhan yang di tandai dengan tidak lembek dan tidak keras ini merupakan keadaan aldente. Pasta memberi rasa kenyang yang lama karena mengandung zat tepung yang mudah di cerna dan diserap tubuh. Beradasarkan kandungan gizinya karbohidrat adalah komponen kedua yang paling tinggi terdapat dalam pasta. Pasta dapat menjadi salah satu makanan alternatif sumber karbohidrat pengganti beras.


Kandungan Gizi Homemad Fresh Pasta dan Dry Pasta :

Komponen                     Fresh Pasta                    Dry Pasta
Energi (kkal)                   184                                  224
Protein(g)                        7,5                                   8,2
Lemak(g)                        2,5                                   1,3
Karbohidrat(g)                33                                    43,8
Serat(g)                           2,8                                   2,6


Pasta terbagi menjadi kedalam dua jenis yaitu pasta segar dan pasta kering, pasta segar di buat dari telur dan terigu sedangkan pasta kering dibuat dari gandum durum atau semolina.Gandum durum merupakan gandum terbaik yang kaya serat membuat pasta yang tidak mudah lembek ketika di rebus dan memberi warna keemasan pada pasta. Pasta kering mulai populer pada abad ke 14 dan pada abad ke 15 pasta kering tampil dalam berbagai bentuk.


Bentuk-bentuk Pasta



Smith 2010

Diluar negara italia pasta biasanya di jual dalam bentuk kering yang di kemas dengan baik agar tahan lama hingga 3 tahun atau lebih karena hanya memiliki kandungan air sebanyak 10%. Pasta kering buatan pabrik biasanya di buat dengan menggunakan mesin ekstrusi yang mendorong keluar adonan pasta melalui suatu lubang cetakan (die) dalam bentuk yang di inginkan.

Pasta di kelompokan menjadi 10 macam menurut bentuknya seperti shaped pasta (berbentuk khusus), tubular pasta(berbentuk tube), strand noodles (berbentuk untaian mirip mie), ribbon pasta noodles (berbentuk mirip mi namun lebih besar seperti pita), micro pasta (berbentuk mini), stuped pasta (mempunyai isi). Di indonesia jenis pasta yang populer adalah spaghetti, fettucine, macaroni dan lasagna.

0 komentar:

Posting Komentar