Buah Manggis

buah manggis

Buah manggis (Garcinia mangostana L.) merupakan salah satu tanaman buah asli indonesia yang sangat di gemari masyarakat. Produksi buah manggis terus meningkat tiap tahun nya untuk memenuhi permintaan dalam maupun luar negri. Produksi manggis pada tahun 2006 tercatat sebesar 72.634 ton/tahun (Direktoral Jendral Hortikultura, 2008) meningkat menjadi 117.600 ton/tahun pada tahun 2011, hal tersebut berpengaruh pula pada jumlah limbah buah manggis dalam bentuk kulit manggis.

Kulit manggis merupakan cangkang yang di buang oleh konsumen atau dapat di sebut sebagai limbah hasil pertanian. Sejauh ini pemanfaatan kulit manggis hanya untuk penyamak kulit, obat tradisional dan bahan pembuat zat anti karat serta pewarna tesktil. Pemanfaatan kulit manggis dalam bidang pangan masih terbilang sedikit mengingat banyak nya manfaat yang dapat di peroleh dari kulit manggis tersebut.

Kandungan kimia kulit manggis adalah xanton, flavonoid dan vitamin yang berfungsi sebagai antioksidan. Senyawa xanton yang terkandung dalam kulit manggis meliputi mangostin, mangostenol, mangostenon A, mangostenon B, trapezifolixanthone, tovophyllin B, alfamangostin, beta mangostin, garcinon B, mangostanol, flavonoid epicatechin dan gartanin. Terdapat pula 62,05% air; 1,01% abu; 0,63% lemak; 0,71% protein; 1,17% gula; 35,61% karbohidrat.

Berbagai  hasil penelitian menunjukan kulit buah manggis kaya akan antioksidan terutama antosianin, xantone, tannin dan asam fenolat yang berguna sebagai antidiabetes, anti kanker, anti peradangan, hepatoprotektif, meningkatkan kekebalan tubuh, aromatase inhibitor, antibakteri, antifungi, antiplasmodial dan aktivitas sitotoksik.

Buah manggis ini selain rasanya manis dan segar ternyata banyak manfaatnya bagi tubuh kita sob,,dan tidak sulit untuk menemukan buah manggis ini di pasar tradisional mudah sekali di temukan..

0 komentar:

Posting Komentar