Komposisi dan Sifat Fungsional Kulit Manggis

komposisi dan sifat fungsional kulit manggis

Kulit buah manggis merupakan limbah yang di buang konsumen kulit buah dapat di manfaatkan sebagai pewarna dan air rebusannya di manfaatkan sebagai obat tradisional. Batang pohon sebagai bahan bangunan, kayu bakar atau kerajinan. Sedangkan getah kuningnya dapat di manfaatkan sebagai bahan baku cat dan insektisida. Selain itu air rebusan kulit buah manggis memiliki efek antidiare komponen terbesar kulit buah manggis adalah kulit buah yaitu 60,82% dari berat utuh secangkan daging buah adalah komponen kedua terbesar yaitu 35,52% dari berat utuh. Sisanya komponen daun kelopak buah yaitu sekitar 3,67% dari berat utuh.

Kulit buah manggis cukup tebal berkisar antara 0,5 sampai 0,7 cm yang terdiri dari daging kulit buah (endocarp) sekitar 0,4 sampai 0,5 cm dan pericarp antara 0,1 sampai 0,2 cm. Endocarp memiliki tekstur yang lebih lunak sedangkan pericarp keras. Kulit manggis mengandung senyawa yang rasanya pahit terutama xanthone dan tanin, martin 1980. Pada kulit buah manggis terdapat pigmen berwarna merah unggu yang bersifat larut dalam air.

Kandungan kimia kulit manggis adalah xanthone, flavonoid dan tanin yang berfungsi sebagai antioksidan. Senyawa xanthone yang terkandung dalam kulit manggis meliputi mangostin, mangostenol, mangostenon A, mangostenon B, trapezipolixanthone, tovophyllin B, alfamangostin, beta mangostin, garcinon B, mangostanol, flavonoid epicatechin dan gartanin. Selain itu juga terdapat 62,05% air; 1,01% abu; 0,63 lemak; 0,71% protein; 1,17% gula; 35,61% karbohidrat.


Komposisi Tepung Kulit Manggis

Komponen Kimia                                           Kadar (%)
Kadar Air (%)                                                 61.83
Kadar Abu (% bk)                                           3.29
Kadar Lemak (% bk)                                       1.23
Kadar Serat (% bk)                                          21.04
Kadar Protein (% bk)                                       2.66
Kadar Karbohidrat (% by different)                30.99


Baca Juga : Antioksidan Serta Beberapa Kegunaan Antioksidan


Sifat Fungsional Kulit Manggis

Buah manggis mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari isi biji hingga kulitnya dapat membawa banyak manfaat. Secara empiris kulit buah manggis telah di gunakan dalam pengobatan penyakit TBC, malaria, penyakit kulit, diare dan disentri. Uji laboratorium membuktikan bahwa dalam kulit buah manggis terkandung xanthone yang dapat di gunakan untuk membantu sistem kekebalan tubuh, membantu sistem pencernaan, mencegah kanker, penyakit jantung dan sebagai penangkal radikal bebas.


0 komentar:

Posting Komentar