Probiotik adalah Serta Menurut Para Ahli ?

probiotik adalah

Bakteri probiotik adalah bakteri hidup baik dalam bentuk tunggal atau campuran yang di tambahkan dalam bahan pangan dengan tujuan untuk memberikan efek menguntungkan bagi kesehatan sistem pencernaan. Jenis bakteri yang digunakan sebagai probiotik adalah bakteri asam laktat seperti dari genus lactobacillus bifidobacterium.

Karakteristik bakteri probiotik yaitu berasal dari manusia, tahan asam dan garam empedu, melekat ke sel usus, bertahan dalam saluran usus, memproduksi antimikroba, antagonis terhadap patogen, aman dalam makanan dan klinis dan secara klinis terbukti efek kesehatan. Beberapa sifat dasar dari kultur probiotik yang baik antara lain stabil terhadap asam terutma asam lambung, asam empedu, mampu menempel pada sel usus manusia, mampu mengkolonisasi pada saluran usus manusia, memproduksi senyawa antimikroba, bersifat melawan bakteri patogen, tumbuh baik secara in vitro, dan aman digunakan oleh manusia, Salminen 1998.

Usus manusia mengandung sekitar 100 triliun bakteri yang hidup dari sekitar 100 spesies yang berbeda. Ada dua kelompok bakteri dalam flora usus yaitu yang bermanfaat dan yang membahayakan atau patogen. Tubuh manusia yang sehat memiliki jumlah flora usus relatif dalam keseimbangan yang baik dan biasanya bakteri-bakteri yang bermanfaat jumlahnya lebih mendominasi dari bakteri patogen, Winarno, Ahnan dan Widjajanto, 2003.

Prinsip dasar kerja probiotik adalah pemanfaatan kemampuan mikroorganisme dalam memecah atau menguraikan rantai panjang karbohidrat, protein dan lemak yang menyusun dari asupan yang diberikan. Kemampuan ini di peroleh karena adanya enzim-enzim khusus yang di miliki oleh mikroba untuk memecah ikatan tersebut.

Manfaat bakteri probiotik bagi kesehatan manusia diantaranya dapat meningkatkan sistem imunitas, membantu absorpsi nutrisi, mencegah kanker, mengurangi tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol darah, membantu pencernaan laktosa bagi penderita lactose intolerance, Surono 2004.

0 komentar:

Posting Komentar