Ragi Tape

ragi tape

Ragi tape merupakan starter yang di buat dari tepung beras dan rempah-rempah. Ragi tape banyak di jumpai di pasaran dengan bentuk pipih dan bulat. Sudah banyak merk ragi tape yang dapat digunakan untuk pembuatan tape.

Tape adalah makanan tradisional hasil fermentasi yang memiliki tekstur lembut dan sedikit berair, dibuat dengan bantuan ragi tape yang mengandung kapang, khamir dan terkadang bakteri. Tape dibuat dari bahan pangan yang berkadar pati tinggi diantaranya beras ketan, singkong dan jagung.

Tape yang bermutu baik menurut selera konsumen adalah tape yang memiliki tekstur lunak, berair, rasa yang manis, asam dan sedikit bercitarasa alkohol dan aroma harum. Pada umumnya tape memiliki komposisi hasil akhir yang terdiri dari kadar gula pereduksi 5%-11%, total adam tettritasi 3,4-4,5 mg/100ml dan kadar alkohol 1,8%-2,9%. Tape mengandung alkohol sekitar 3-5% dengan pH sekitar 4.

Ada beberapa jenis tape yang sudah di kenal di kalangan masyarakat yaitu tape ketan dan tape singkong (peyeum). Pembuatan tape tidak hanya berbahan baku ketan dan singkong dapat juga dibuat dari sorgum karena memiliki kandungan pati yang cukup tinggi.

Prinsip pembuatan tape sorgum juga sama denga pembuatan tape pada umumnya. Makanan yang mengalami proses fermentasi biasanya mempunyai nilai gizi yang lebih tinggi dari bahan asalnya. Hal ini di sebabkan karena mikroba bersifat katabolik atau memecah komponen-komponen yang kompleks menjadi zat-zat yang lebih sederhana sehingga lebih mudah di cerna.

Keuntungan mengkonsumsi tape antaralain dapat mengikat dan mengeluarkan aflatoksin dalam tubuh karena memiliki kandungan asam amino lisin dalam jumlah yang tinggi dan vitamin B1 yang lebih banyak tiga kali lipat sebagai hasil fermentasi. Selama fermentasi tape juga terjadi perubahan citarasa, nilai gizi, aroma serta kelezatan.

0 komentar:

Posting Komentar